Pages

Niat Shalat Istikharah


Niat Shalat Istikharah ialah shalat khusus dilakukan jika anda dihadapkan oleh 2 atau lebih pilihan, yang sama-sama baik dimata anda. Dan tentunya, anda mengharapkan pilihan yang anda pilih adalah yang terbaik. Oleh karenanya kita meminta kepada Allah SWT untuk menolong kita memilihkannya dengan shalat Istikharah ini.

Sebuah contoh kasus, anda ada dua lowongan perkerjaan untuk anda. Dua-duanya menjanjikan prospek baik bagi anda, baik secara finansial maupun prestasi bagi anda.
Di antara kebimbangan yang mana yang harus anda pilih, apabila dua-duanya tampak “sempurna” di mata anda, maka di anjurkan melakukan shalat Istikharah.
Seperti yang diberitakan dalam sebuah hadis nabi besar Muhammad SAW berikut ini:
“Jika salah seorang dari kalian menghendaki suatu perkara, maka shalatlah dua rakaat dari selain shalat fardhu, kemudian hendaklah mengucapkan: \’Ya Allah, aku beristikharah kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku meminta penilaian-Mu dengan kemampuan-Mu dan aku meminta kepada-Mu dari karunia-Mu yang sangat besar. Sesungguhnya Engkau kuasa sedangkan aku tidak kuasa, Engkau mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha mengetahui perkara-perkara yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui perkara ini lebih baik bagiku dalam urusan agamaku, kehidupanku, dan kesudahan urusanku -atau urusan dunia dan akhiratku, maka putuskanlah dan mudahkanlah urusan ini untukku, kemudian berkahilah untukku di dalamnya. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa itu buruk bagiku, baik dalam urusan agamaku, kehidupanku maupun kesudahan urusanku -atau urusan dunia dan akhiratku- maka palingkanlah ia dariku dan palingkanlah aku darinya serta putuskanlah yang terbaik untukku di mana pun berada, kemudian ridhailah aku dengannya.\’ Dan hendaklah ia menyebutkan hajatnya.\’\’ (HR Bukhari, At-Tirmidzi, An-Nasai dan lainnya)

Waktu menjalankan Shalat Istikharah

Waktu terbaik menjalankan shalat Istikharah ialah waktu malam hari dan berdoalah dengan doa istikharah, kemudian mintalah petunjuk mengenai yang anda merasa ragu padanya.

Niat shalat Istikharah:

Ushalli sunnatal istikharah rak’ataini lillaahi ta’alaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunat istikharah dua rakaat karena Allah.”
Rangkaian petunjuk yang kemungkinan menghampiri setelah laksanakan shalat Istiharah
  1. Allah memberikan petunjuk melalui mimpi
  2. Petunjuk melalui firasat
  3. Petunjuk melalui ketetapan hati
  4. Petunjuk dengan menjauhkan orang tersebut dari yang tidak baik untuk dirinya dan mendekatkan dengan apa yang baik untuknya
Semoga bermanfaat.
key: Niat Shalat Istikharah, niat solat sunah istikharah, sholat istiqoroh, niat solat istikhoroh,

2 komentar:

Asep mengatakan...

Thank's

Jajat Sudrajat mengatakan...

Untuk sobat yang memerlukan doa dan niat shalat istikharah dalam tulisan Arab, silahkan dilihat di blog ilmu fiqih.

Poskan Komentar

 

Copyright © Belajar Agama. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online